Tips Hemat ala Anak Kost





Hasil gambar untuk tips hemat anak kos


 Hai sobat blogger, sudah lama ngga posting di blog nih, karena sibuk banyak tugas (maklum mahasiswa), bagi kalian mahasiswa yang tinggal di kost,  kali ini saya akan berbagi beberapa tips untuk menghemat pengeluaran agar tidak terjadi kejadian seperti gambar di atas. hahaa

Buat kamu mahasiswa yang mendapatkan uang saku bulanan dari orang tua pasti akan merasakan susahnya mengelola agar bisa bertahan hidup untuk satu bulan ke depan. Apalagi kalau uang sakunya pas-pasan. Jangan khawatir, berikut ini ada 15 tips buat kalian yang ingin berhemat.

1. Susun anggaran bulanan

1. Susun anggaran bulanan - Tips Hemat Mahasiswa
Untuk mempermudah kamu mengelola uang kiriman dari orangtua, kamu harus menyusun anggaran bulanan. Membagi uang menurut kebutuhan yaitu makan sehari-hari, keperluan kuliah, belanja bulanan dan yang jelas menabung untuk kebutuhan mendadak.

2. Dilarang mengambil uang di ATM sekaligus

2. Dilarang mengambil uang di ATM sekaligus - Tips Hemat Mahasiswa
Sebaiknya kamu jangan mengambil uang sekaligus, karena uang akan cepat habis. Jadi lebih baik kamu ambil sedikit demi sedikit, misalkan ambil uang perminggu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak boros karena merasa selalu ada uang.

3. Tentukan pengeluaran perhari

3. Tentukan pengeluaran perhari - Tips Hemat Mahasiswa
Selain jatah mingguan, alangkah lebih baik jika kamu menentukan jatah perhari. Misal kamu tentukan perhari maksimal hanya mengeluarkan Rp 15.000 – Rp 20.000 saja untuk 2 kali makan, makan siang dirangkap sarapan dan makan malam.

4. Masak sendiri

4. Masak sendiri - Tips Hemat Mahasiswa
Buat kamu yang ada dapur di kos harus merasa beruntung lho, karena kamu bisa memasak sendiri sehingga pengeluaran untuk makan bisa lebih hemat. Dan untuk kamu yang tidak ada dapur di kos, setidaknya kamu memasak nasi sendiri menggunakan magic com dan lauknya beli secukupnya.

5. Bawa air mineral dari kos

5. Bawa air mineral dari kos - Tips Hemat Mahasiswa
Saat kamu makan di luar, kamu tidak usah memesan es teh atau es jeruk tapi cukup minum air mineral yang kamu bawa akan lebih menghemat pengeluaran bukan?

6. Membeli kebutuhan bulanan sesuai prioritas

6. Membeli kebutuhan bulanan sesuai prioritas - Tips Hemat Mahasiswa
Kebutuhan bulanan seperti alat mandi, kosmetik dan camilan memang cukup menguras isi dompet. Nah bagaimana pintar-pintarnya kamu dalam memilih barang dengan harga yang lebih murah tapi kualitas tetap bagus. Kamu harus konsisten dengan anggaran yang sudah kamu buat ya.
Kamu juga harus memperhatikan dimana kamu berbelanja. Usahakan berbelanja d supermarket, jangan d minimarket karena ada selisih harga yang lumayan antara keduanya. Tahan hawa nafsu saat berbelanja ya! Hemat!

7. Jangan laundry

7. Jangan laundry - Tips Hemat Mahasiswa
Pengeluaran untuk laundry memang cukup besar tiap bulannya. Kamu sebagai anak kos yang masih menggunakan uang orangtua, lebih baik jangan malas untuk mencuci baju kamu sendiri. Agar lebih ringan, kamu bisa mencuci setiap hari. Jangan menunggu di akhir minggu baru mencuci, itu akan membuat kamu merasa berat. Setidaknya uang yang digunakan untuk laundry bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting lainnya.

8. Punya jadwal untuk main dan belanja

8. Punya jadwal untuk main dan belanja - Tips Hemat Mahasiswa
Meskipun uang kamu pas-pasan, bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang. Dana hiburan wajib ada lho guys untuk menghilangkan stress, tapi jangan sering-sering juga ya. Sesekali juga nongkrong sama teman-teman dan boleh juga belanja baju sebulan sekali. Yang penting seimbang ya guys!

9. Aktif berorganisasi di kampus

9. Aktif berorganisasi di kampus - Tips Hemat Mahasiswa
Masa-masa menjadi mahasiswa harus kamu manfaatkan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Dengan kamu aktif berorganisasi kamu akan mendapat banyak teman baru sekaligus kamu bakal sering ikut kepanitiaan. Lumayan kan, semakin sering ikut kepanitiaan kamu bisa dapet makanan gratis.

10. Sisihkan uang receh

10. Sisihkan uang receh - Tips Hemat Mahasiswa
Jangan kamu sepelekan uang receh kembalian fotokopi atau yang lain ya guys, soalnya uang receh bakal berguna kalau kamu kepepet butuh uang di akhir bulan. Simpan uang recehmu dengan baik di gelas atau botol ya.

11. Jangan terlalu sering ke minimarket

11. Jangan terlalu sering ke minimarket - Tips Hemat Mahasiswa
Nah ini yang sering membuat kamu kalap, kalau masuk minimarket pasti apa aja di beli terutama jajan. Ingat anggaran awal yang sudah kamu buat ya guys, walaupun susah di lakukan tapi tetap berusaha menahan diri ya kalau kamu gak mau di akhir bulan kehabisan uang.

12. Harus tahu tempat murah di sekitar kampus

12. Harus tahu tempat murah di sekitar kampus - Tips Hemat Mahasiswa
Ya namanya saja anak kos harus pintar mencari tempat murah dan tidak perlu malu. Dengan memilih tempat yang murah, kamu bakal dapet banyak keuntungan lho. Carilah fotokopian yang kasih promo dan tempat makan yang bisa ambil nasi sendiri dan harganya miring. Perut kenyang, hati senang!

13. Gunakan KTM untuk mendapatkan diskon

13. Gunakan KTM untuk mendapatkan diskon - Tips Hemat Mahasiswa
Ada beberapa promo yang hanya dengan menunjukkan KTM kamu bakal dapat diskon lho! Manfaatkan dengan baik ya.

14. Lakukan kerja part time

14. Lakukan kerja Part Time - Tips Hemat Mahasiswa
Kalau kamu memiliki waktu senggang di luar kampus, nggak ada salahnya mencoba bekerja part time. Selain kamu dapet pengalaman baru dan teman baru, kamu bisa menambah pemasukan kamu.

15. Sering pulang ke rumah


Buat kamu anak kos yang rumahnya dekat, seringlah pulang di akhir minggu. Di banding kamu menghabiskan waktu libur di kos, godaan dari teman-temanmu akan sulit dihindari.
Hemat itu perkara niat guys. Kalau kamu memang niat berhemat, kamu harus selalu memotivasi diri kamu agar bisa konsisten dalam berhemat. Semoga bermanfaat ya guys!

Posting Komentar

0 Komentar